Jumat, 06 Juni 2014

numeralia

NUMERALIA DIALEK BAGANSIAPAPI KABUPATEN ROKAN HILIR

Numeralia adalah kata yang dipakai untuk menghitung banyaknya maujud (orang, binatang atau barang). Numeralia dapat dibagi menjadi dua, yaitu:
 A.    Numeralia Pokok
Numeralia ini dapat dibagi menjadi,

1.      Numeralia Pokok  Tentu

Ø  Tujuh puluhibu
(tujuh puluh ribu)

Ø  Ompek ibu duoatuih.
(empat ribu dua ratus)

Ø  Onam puluh juto upiah.
(enam puluh juta rupiah.)

2.      Numeralia Kolektif

Ø  Dalap hitungad ketigo kau harus lai.
(Dalam hitungan ketiga kamu harus lari.)

Ø  Kami beonam po memancek.
(kami berenam pergi memancing.)

Ø  Keduo-duonyo aku ondak.
(kedua-duanya saya mau)

3.      Numeralia Distributif

Ø  Satu demi satu masaalah datak  mekhappiriku,
(satu demi satu masalah datang menghampiriku.)

4.      Numeralia Pokok tak tentu

Ø  Seluuh rakyat Indonesia aiko memperingati ai peddidikad nasional.
(Seluruh rakyat Indonesia hari ini memperingati hari pendidikan nasional)

Ø   Aku mintak sedikik ae.
(aku minta sedikit air)
5.      Numeralia Pokok Klitika

Ø  Di pekuliahan memakai sistem catuwulad.
( di perkuliahan memakai sistem caturwulan)

Ø  Pancasila ado limo.
(Pancasila ada lima.)

6.      Numeralia Ukuran

Ø  Kalau ke toko, bolilah duo lused piyeng.
(kalau ke toko, belilah dua lusin piring.)

Ø  Gadih itu memboli kemeja satu kodi.
(Gadih itu membeli kemeja satu kodi)

Ø  Bapo ago minyak per sepuluh liter ?
(Berapa harga minyak per sepuluh liter ?)

7.      Numeralia Tingkat

Ø  Petamo, adek harus masak.
(Pertama, adik harus masak.)

Ø  Keduo, adek harus cuci piyeng.
(Kedua, adik harus cuci piring.)

Ø  Ketigo, adek harus belaja.
(ketiga, adek harus belajar.)

8.      Numeralia Pecahan

Ø  Fa, bagi aku jambu sepauh.
(Fa, minta saya jambu separuh)

Ø  Tujuh peronam boleh.
(tujuh perenam belas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar