Selasa, 06 Mei 2014

pronomina

PRONOMINA DIALEK BAGANSIAPIAPI  KABUPATEN ROKAN HILIRtugas
                       Pronomina adalah kata yang dipakai untuk mengacu kepada nomina lain.
A.    Pronomina persona
Pronomina ini mengacu pada orang. Pronomina ini dapat mengacu pada diri sendiri, kepada orang yang diajak bicara atau kepada orang yang dibicarakan. Pronomina dapat dibagi tiga, yaitu :
1.      Persona pertama yaitu saya, aku, dan daku.

Ø  Aku menjomu kaid.
(aku menjemur kain)

Ø  Sayo mencuci baju.
(saya mencuci baju)

Ø  Daku memanjek kelapo.
(Daku memanjat kelapa)

2.      Persona kedua yaitu kamu, engkau, anda, dikau, kau, dan –mu.

Ø  Ngapo dikau tak masuk sekolah kemaid ?
(mengapa dikau tidak masuk sekolah kemarin ?)

Ø  De eko na padek jahek.
(kamu sangat jahat).

Ø  Iko punyo kau ?.
(ini punyamu ?)

3.      Persona ketiga yaitu ia, dia, atau –nya dan beliau.

Ø  Inyo balek ke Padak.
(Dia pulang ke Padang)

B.     Pronomina Penunjuk

1.      Penunjuk Umum yaitu ini, itu, dan anu.

Ø  De eko mengopo ko .
( kamu ini mengapa ?)

Ø  Buku itu punyo aku.
(Buku itu punya saya)

2.      Penunjuk Tempat yaitu sini, situ, atau sana.

Ø  Baang-baangnyo ado di siko ?
(Barang-barangnya ada di sini ?)

Ø  Usah ke situ leh.
(jangan kesitu lagi.

3.      Pronomina Penanya yaitu siapa, mengapa, apa, bagaimana, kapan, dll.

Ø  Apo ko fa ?
(apa ini fa ?)

Ø  Mengapo kau menangih ?
(mengapa kamu menangis ?)

Ø  Cemano kamu memasak kue ko ?
(bagaimana kamu memasak kue ini ?)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar