Rabu, 19 November 2014

ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA PAPAN NAMA DAN KAIN RENTANG

ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA PAPAN NAMA DAN KAIN RENTANG
1.      Penulisan Gelar



Pada gambar di atas terdapat beberapa kesalahan dalam penulisan gelar .
1.      Dr. Arjunaidi AR, SpPD dan Dr. Andriza, SpKj
Pada singkatan di atas, terjadi kesalahan dalam penulisan dokter, seharusnya penulisan gelar dokter yang benar adalah “dr”, dengan /d/ huruf kecil, sedangkan pada penulisan di atas menggunakan /d/ huruf kapital. Hal ini menyebabkan kesalahan makna. Dr adalah singkatan dari doktor yakni S-3. Selain itu kesalahan juga terjadi pada penyingkatan nama. Menurut Depdiknas, singkatan nama orang, nama gelar, sapaan, jabatan, atau pangkat diikuti tanda titik di belakang tiap-tiap singkatan itu. Pada penulisan di atas Arjunaidi AR, sedangkan yang benar adalah Arjunaidi A.R. Yang terakhir adalah kesalahan pada gelar SpPD dan SpKj. Penulisan di atas adalah salah. Maksud dari penulisan di atas adalah Spesialis Penyakit Dalam dan Spesialis Kejiwaan dan Psikiatri. Penulisan yang benar adalah Sp.PD dan Sp.KJ.  Jadi penulisan yang betul adalah:
dr. Arjunaidi A.R, Sp.PD dan dr. Andriza, Sp.KJ
2.      Penggunaan jam dan pukul
Pada gambar di atas adalah salah. Penggunaan kata pukul dan jam harus digunakan dengan tepat. Kata pukul menunjukkan waktu, sedangkan kata jam menunjukkan jangka waktu. Kata jam pada gambar di atas tidak tepat dipakai untuk menyatakan waktu yang digunakan kata pukul karena untuk menentukan jangka waktu digunakan kata jam. Jadi penulisan yang betul adalah:
Pukul :15.00 s.d 17.00
  


3.      Penulisan apotek dan apotik
Pada gambar di atas adalah salah. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya perubahan vokal /e/ menjadi /i/ pada penulisan kata apotek menjadi apotik. Menurut Depdiknas, Apotek artinya: tempat meramu dan menjual obat berdasarkan resep dokter serta memperdagangkan barang medis; rumah obat. Jadi penulisan yang betul adalah apotek.
1.      Penggunaan Istilah Asing


Pada kalimat di atas belum tentu dapat dipahami oleh setiap orang, terutama orang yang berpendidikan rendah karena pada kalimat-kalimat di atas menggunakan istilah asing yang tidak dipahami. Sebaiknya event diganti menjadi acara. Menurut Depdiknas, acara artinya: 1 hal yang akan diperbincangkan 2 agenda 3 kegiatan yang dipertunjukkan, (KBBI:6). Sedangkan. Jadi pembetulan kalimat di atas adalah:
Hadiri dan saksikan acara periwisata Bakar Tongkang di Bagansiapiapi.

1.      Penggunaan Istilah Asing


Pada kalimat di atas belum tentu dapat dipahami oleh setiap orang, terutama orang yang berpendidikan rendah karena pada kalimat-kalimat di atas menggunakan istilah asing yang tidak dipahami. Sebaiknya residen diganti menjadi perumahan. Menurut Depdiknas, perumahan artinya: kumpulan beberapa buah rumah, (KBBI:1189).. Jadi pembetulan kalimat di atas adalah: Perumahan Al Karomah.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar